kekurangan BlackBerry Storm 1

Selama hampir 3 tahun ini, kami temui banyak penjualan second BlackBerry Storm 1 alias BlackBerry 9500 dan 9530. Ini sangat menarik, mengingat HP layar sentuh merupakan salah satu HP paling diminati di negeri ini. Alhasil, kami pun mencari tahu apa sebab banyak penjualan BB second untuk seri tersebut.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Hasilnya, kami memang menemukan sebab utamanya. Sekalipun para penjual BB second ini mengatakan, “barang mulus kayak baru belum pernah bongkar garansi Berrindo,” atau “barang mulus gan, belum pernah rusak mantap lancar jaya LCD baru gan!”,  dll. nah, justru, yang perlu dicurigai pertama adalah LCD baru, HP second dijual dengan iklan LCD baru. Dan memang disitulah masalah utama BlackBerry Storm 9500 dan 9530, touchscreen yang sering ngacau dan akhirnya rusak minta ganti LCD.

Wah, jika sebuah HP second kok sudah ganti LCD, pertanyaan yang muncul adalah karena usia penggunaan yang sudah cukup lama atau karena memang rentan? Ternyata jawaban untuk BlackBerry Storm 9500 dan 9530 adalah karena rentan. Memang smartphone yang satu ini memiliki beberapa kelemahan, sehingga hampir-hampir tidak ada pemilik ponsel pintar seri ini untuk kurun waktu 3 tahun lebih, kecuali perlu ganti LCD dan memang dipakai sendiri. Padahal ganti LCD untuk seri BB 9500 dan 9530 ini lumayan mahal lho, yaitu yang Original harga Flexible Kuning @ Rp.169.000 dan Flexible Hijau harga @ Rp.279.000.

Bagaimana dengan BlackBerry Storm 2 alias Odyn? Tentu saja beda. Perhatikan kekurangan BlackBerry Storm 1 (9500 dan 9530) berikut ini:

  • Tidak memiliki WiFi built in, radio FM, flash atau animasi berbasis flash
  • Proses lamban, mungkin karena kemampuan prosesor terbatas
  • Tidak bisa dipakai untuk video call
  • Baterai boros, lebih boros dibanding BlackBerry candybar lainnya
  • E-mail hanya berlaku dengan BlackBerry Internet Service (BIS)
  • Teknologi SurePress membuat ponsel ini benar-benar terbatas untuk kategori multimedia, karena sangat tidak membantu untuk proses edit teks

Nah, BB Storm 2 tidak memiliki kekurangan tersebut, karena semua kekurangan pada seri pendahulunya telah diperbaiki.