kamera digital biasa

kamera digital biasa

Obsesi fotografer amatiran, bisakah? Atau anda ingin dan punya cita-cita menjadi seorang fotografer professional?

Pengin jadi fotografer tapi cuma punya kamera digital biasa? Nggak masalah. Ilmu itu memang selalu jadiyang lebih utama. Untuk urusan fotografi, teknik lebih menguasai ketimbang kamera DSLR berada di tangan orang yang salah.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Memiliki sebuah kamera digital dengan kualitas optical zoom 8x sebenarnya setiap orang sudah bisa menghasilkan gambar yang bagus. Nah, teknik lagi-lagi menjadi kunci suksesnya.

Agar tidak buru-buru beli Nikon Coolpix P520 dkknya, lebih baik perhatikan teknik dasar pemotretan berikut ini:

  • Biasakan melalukan pemotretan di luar ruangan pada pagi atau siang hari, maksimal menjelang sore hari, dengan catatan kondisi sedang tidak gelap mendung. Pukul 7-10 adalah waktu cahaya terbaik karena sinar matahari masih menyamping arah datangnya, dan maksimal sore pukul 17.
  • Pada waktu yang disebut di atas, biasakan tidak menggunakan flash/ blitz karena agar cahaya tidak berlebihan yang bisa membuat objek kurang jelas. Sebentar-sebentar menggunakan flash/ blitz membuat batere cepat habis.
  • Biasakan untuk tiap klien/customer, Anda menyediakan memori kosong, artinya Anda segera memindahkan file foto sebelumnya, agar Anda tidak bingung karena file tercampur.
  •  Tidak membiasakan diri sebentar-sebentar mem-preview gambar-gambar yang telah diambil melalui LCD, ini akan membuat batere kamera cepat habis dan boros waktu.
  • Biasakan menggunakan fitur fokus otomatis, agar Anda tidak menghabiskan waktu karena berusaha memfokuskan gambar.
  • Tripod pastinya akan sangat membantu hasil gambar yang tenang dan pas, karena pemula seringkali belum terlalu bisa membuat hasil yang begitu fokus tanpa bantuan tripod.
  • Biasakan melepas batere dan memori card (maupun storage device lain yang dipakai) jika kamera akan tidak dipakai dalam waktu cukup lama, agar batere dan memori tidak mudah rusak.

Nah, sebenarnya mudah, bukan? Kini tentunya Anda paham bahwa kamera digital Anda yang berkualitas biasa saja bisa menghasilkan foto jernih yang begitu menarik dengan efek cahaya yang pas. Semua tergantung teknik Anda. saat Anda sudah cukup dana, barulah membeli kamera DSLR yang Anda inginkan, agar kamera canggih ini tidak sia-sia berada di tangan fotografer yang tepat.