Tips Memaksimalkan Hasil Foto Kamera Ponsel – Selain sebagai sarana berkomunikasi, ponsel  juga kerap kali digunakan untuk mengabadikan momen tertentu melalui jepretan kameranya. Apalagi saat ini banyak beredar ponsel dengan angka resolusi yang terbilang tinggi tentu semakin memanjakan bagi yang menyukai fotografi. Meskipun resolusi kamera ponsel sudah cukup mumpuni, namun masih banyak yang meragukan kualitas hasil jepretan kamera ponsel karena dipandang masih kalah bagus dengan hasil kamera digital. Sebenarnya hasil foto kamera ponsel tak kalah bagusnya dengan kamera digital saku asalkan kita tahu teknik memotret yang benar.  Teknik pengambilan gambar objek harus diketahui agar hasil jepretan bisa maksimal dan berkualitas baik. Dengan begitu, tidak ada lagi kesan mubadzir untuk ponsel yang sudah memiliki kamera beresolusi tinggi namun hasil gambar masih sama seperti kamera ponsel biasa.

Tips Memaksimalkan hasil foto kamera ponsel

Tips Memaksimalkan hasil foto kamera ponsel

 

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Nah untuk mempelajari teknik pengambilan gambar, Berikut ini PlasaGadget berikan Tips memotret dengan kamera ponsel untuk memaksilmalkan hasil foto yang bisa Anda coba:

  1. Perhatikan kondisi pencahayaan – bagi ponsel yang tidak dilengkapi dengan fitur flash, sebaiknya ambil foto objek di tempat terang.
  2. Posisikan ponsel mendekati obyek – Hal ini wajib dilakukan karena kamera ponsel memiliki keterbatasan dalam zooming, sehingga untuk menghasilkan foto yang detail, lebih bagus jika kita mendekati objek
  3. Hindari cahaya matahari – sama seperti teknik memotret pada umumnya, paparan cahaya matahari yang terlalu intens akan membuat objek terlihat gelap.
  4. Memilih Objek dengan latar belakang yang tidak terlalu ramai – Karena kebanyakan kamera ponsel tidak memiliki kemampuan fokus seperti kamera digital. Sebaiknya ambil foto objek dengan latar belakang yang tidak terlalu ramai agar tidak menimbulkan kerancuan, kecuali jika memang ingin mengambil gambar keramaian.
  5. Coba berbagai posisi/angel –  Untuk mendapatkan gambar yang proporsional, sebaiknya selalu coba berbagai angel. Lakukan 2-3 kali pengambilan gambar dengan posisi yang berbeda.
  6. Hindari penggunaan digital zoom – agar kualitas dan resolusi yang didapatkan bagus, hindari penggunaan digital zoom.
  7. Gunakan fitur yang ada –  kebanyakan pengguna ponsel tidak memperhatikan fitur kamera seperti modus siang/malam, illuminasi, efek foto dll. Padahal dengan memaksimalkan fitur tersebut, hasil jepretan kamera ponsel bisa menjadi lebih bagus.
  8. Cetak foto sesuai batas ukuran –  Proses pencetakan foto juga harus disesuaikan dengan resolusi kamera. Sebaiknya cetak foto dalam ukuran yang sesuai batas misalnya kamera 1.3 MP maksimal cetak ukuran 3R, 3 MP maksimal cetak 10R,dll.

Itulah beberapa teknik/tips sederhana untuk memaksimalkan hasil foto dengan kamera ponsel, selamat mencoba