Cara mempercepat kinerja Android – Android kini menjadi OS yang paling laris diadopsi oleh sebagian besar vendor di dunia. Berkat kesuksesan di pasaran, Android kini dijuluki sebagai ponsel sejuta umat. Tampilan antarmuka dan dukungan ribuan aplikasi gratis serta murah menjadi alasan banyak orang memilih ponsel pintar berOS  Android. Banyaknya aplikasi serta game yang mendukung Andoroid memang tak lepas dari sifat Android yang Open Source sehingga memudahkan dan memebri keleluasaan bagi pengembang untuk mengembangkan aplikasi yang berguna untuk Android itu sendiri. Saking banyaknya aplikasi serta game gratis yang ditawarkan, tak jarang pengguna ponsel Android menjadi asal unduh dan menginstalnya dii peranti yang mereka miliki.

Meskipun tidak semua aplikasi serta game digunakan secara maksimal, biasanya pengguna Android hanya mengikuti arus tren yang sedang “populer” saat itu. Hasilnya, aplikasi serta game akan menumpuk di ponsel dan memenuhi memori ponsel. Kondisi seperti ini tentu saja akan berpengaruh terhadap kinerja ponsel Android. Ponsel Android bisa saja menjadi lambat karena memori ponsel (terutama RAM) menjadi penuh oleh cache aplikasi atau game yang diunduh serta diinstall.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Cara mempercepat kinerja android

Cara mempercepat kinerja android

 

Untuk mengatasi masalah ponsel Android yang lambat, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan kinerja android seperti semula. Berikut ini tim PlasaGadget berikan cara mempercepat kinerja ponsel android

Hapus dan Uninstall aplikasi yang jarang digunakan
Dalam mengunduh dan menginstall aplikasi serta game, ada baiknya kita selektif. Pilih aplikasi yang memang memiliki fungsi/manfaat. Jika sudah terlanjur diunduh serta terinstall, Anda bisa melakukan uninstall terhadap aplikasi yang jarang digunakan tersebut. Sebab te terlalu banyak aplikasi akan membuat memori penuh dan menjadikan kinerja android melambat.
Bersihkan cache aplikasi
Cache merupakan daftar log riwayat aplikasi yang muncul setelah kita menjalankan atau membuka aplikasi. Bila cache tersebut tidak dibersihkan/dihapus, maka lama kelamaan dapat membebani memori ponsel sehingga membuat kinerja ponsel menjadi lelet. Untuk membersihkan cache ponsel Android, melalui menu – pengaturan – opsi – hapus cache.  Anda juga bisa mencoba menggunakan aplikasi Cache Cleaner untuk lebih mempercepat proses pembersihan.

Gunakan aplikasi launcher

Aplikasi launcher merupakan shortcut yang akan mempermudah navigasi pada ponsel Android.  Dengan menggunakan Aplikasi launcher, pengguna dapat mengontrol desktop, mengunciunci layar, dan lainnya. Dengan demikian kinerja ponsel akan lebih cepat terutama dalam bernavigasi.

Hapus widget dan shortcut yang jarang digunakan

Meskipun pada tips di poin ketiga kami sarankan menggunakan aplikasi launcher, namun jangan sampai terlalu banyak menggunakan shortcut atau widget. Sebab, ponsel bisa saja kehilangan banyak memori dari banyaknya widget yang digunakan. Ada baiknya hapus shortcut dan widget yang jarang digunakan.