Meskipun secara kasat mata perangkat komunikasi yang sangat digemari masyarakat saat ini adalah perangkat dengan sistem operasi Android, namun yang terjadi di lapangan sangat berbeda khususnya apa yang terjadi pada persaingan industri perangkat komunikasi di wilayah Eropa. Ketika Android sangat berjaya di pasar Asia, justru di Eropa perangkat komunikasi berbasis Windows Phone meraih penjualan tertinggi pada kuartal kedua pada tahun 2013 dengan jumlah keseluruhan penerimaan pasar sebesar 8.2 persen. Faktor paling penting yang bisa mendorong penjualan tinggi pada perangkat Windows Phone tersebut tidak lain karena faktor salah satu perangkat besutan Nokia, yaitu Nokia Lumia 520, yang seperti dikatakan oleh Dominic Sunnebo, Direktur Kantar, bahwa Nokia Lumia 520 menempati peringkat sepuluh besar dengan menjadi salah satu smartphone paling laris di beberapa negara Eropa, seperti Prancis, Inggris, dan Jerman.

windows phone

Penjualan Windows Phone meningkat pesat

Windows Phone mengalami kenaikan penjualan secara signifikan pada periode bulan Juni hingga Juli, bahkan di Inggris penjualan mengalami peningkatan yang cukup drastis yaitu dari 5.5% menjadi 8.8%. Hal yang sama juga terjadi di beberapa wilayah Eropa lainnya, yang rata-rata mengalami peningkatan penjualan yang cukup signifikan. Tetapi meskipun begitu, perangkat smartphone Window Mobile masih secara keseluruhan masih berada di peringkat keempat dibawah iOS, Android, dan BlackBerry. Tetapi peningkatan tersebut tentunya bisa membuat para kompetitor menjadi sedikit waspada, dan yang akan terjadi akan persaingan yang semakin sengit dari produsen-produsen perangkat smartphone terkenal yang mungkin akan mengeluarkan produk-produk baru dengan teknologi yang baru pula.
Nokia sendiri telah menempuh langkah yang mengejutkan setelah bersedia bergabung dengan Microsoft, setelah perusahaan pimpinan Bill Gates itu menebus Nokia dengan harga 78.7 triliun baru-baru ini.
Pihak Microsoft mengklaim bahwa dengan mengakuisisi Nokia akan mampu meningkatkan jumlah pemasukan, karena setelah selama dua tahun lebih kerja sama dua pabrik itu, pihak Microsoft tidak mendapatkan hasil yang berarti, bahkan tercatat hanya sekitar $10 yang masuk ke Microsoft. Maka dengan akuisisi itu, hasil yang didapatkan oleh Microsotf akan meningkat, minimal mencapai $40 per unit perangkat komunikasi yang dijual. Tinggak hitung saja apabila ada 50 atau lebih perangkat smartphone Windows Phone yang terjual. Patut ditunggu persaingan yang muncul dan gerakan yang dilakukan oleh Microsoft ini ke depannya.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.