Cara membuat screenshot pada android – Screenshot memiliki pengertian suatu rekaman gambar yang sedang ditampilkan di layar computer. Screenshot berfungsi untuk menunjukkan proses yang sedang dijalankan oleh perangkat computer. Selain sebagai ajang pamer di media social, screenshot juga berguna untuk mendukung penjelasan presentasi, atau tutorial di media elektronik.

membuat screenshot

membuat screenshot pada android

Membuat screenshot pada ponsel Android.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Sama seperti perangkat komputer, sebagian besar perangkat android sudah terdapat fitur tangkapan screenshot secara defaultnya. Namun, kebanyakan pengguna belum mengetahui cara mengambil screenshot karena biasanya tombol/kode yang digunakan masing-masing perangkat berbeda. Selain menggunakan tombol/kode shortcut, pengguna Android juga bisa dengan mudah membuat screenshot menggunakan aplikasi pihak ketiga tentunya setelah melakukan proses ninstalasi terlebih dahulu.
Sebagai pengetahuan pembaca PlasaGadget, berikut ini kami berikan tips cara membuat screenshot melalui dua metode yang berbeda, simak langkah-langkahnya :

Membuat Screenshot di Android Menggunakan Shortcut
Penggunaan tombol jalan pintas (shortcut) berbeda beda tergantung OS versi yang digunakan, namun secara garis besar ada tiga langkah yang bisa Anda implementasikan:

  • Menggunakan tombol Volume Down dan tombol Powerdan ditekan ¬†secara bersamaan.Cara ini berjalan dan berhasil diterapkan pada perangkat bersistem Android 4.0 Ice Cream Sandwich
  • Tombol Home dan tombol Power.Beberapa produsen menerapkan cara ini pada beberapa produknya. Sebagai contoh pada perangkat Samsung Android seperti Galaxy Note dan Galaxy S II.
  • Menekan tombol Power dan menahannya beberapa detik.
  • Menekan tombol screenshot.
  • Tekan dan tahan tombol Back dan tombol Power, atau coba tekan tombol Back dan double-tekan tombol Home.

Menggunakan aplikasi untuk membuat screenshot di Android.
Banyak sekai aplikasi yang beredar di Google Play yang memiliki fungsi untuk membuat screenshot pada ponsel android. Keuntungan menggunakan aplikasi adalah adanya fitur lebih berupa proses editing seperti crop,resize, share ke media sosial dll. Beberapa aplikasi tersebut di antaranya adalah :

  1. Screenshot free (Gratis) | Google Play.
  2. Screenshot Ultimate (Gratis) | Google Play.
  3. Screen Capture Shortcut  (Gratis) | Google Play

Kesimpulan
Itulah beberapa cara membuat screenshot di android yang dapat kami share untuk para tekoners semua. Bagaimana pendapat tekoners tentang cara tersebut?