Kalau sebelumnya kita membahas bagaimana cara install Ubuntu Linux di VirtualBox, yang akan kita bahas kali ini adalah bagaimana cara install Windows XP di Virtual Box. Caranya memang hampir sama dengan install Ubuntu, namun ada yang harus diperhatikan karena kita harus merubah settingan khusus agar proses install Windows XP bisa berjalan lancar.

Pertama kalinya, ikuti saja langkah-langkah yang sudah dijelaskan pada artikel Install Ubuntu Linux di Virtual PC, namun pada saat pemilihan “Hard drive file type”, pastikan anda memilih Virtual Hard Disk (VHD) dan tidak memilih default dari VirtualBox atau yang lain.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Virtual Hard Disk pada VirtualBox

Dan juga, pastikan kapasitas yang anda gunakan/buat untuk partisi VHD lebih dari 1182MB, karena jika anda membuat partisi virtual dengan kapasitas di bawah itu maka Windows XP tidak akan pernah bisa diinstall di Virtual Box.

Membuat partisi virtual di hardisk untuk Windows XP

Untuk proses lainnya, silahkan merujuk artikel sebelumnya yang berjudul Install Ubuntu Linux di VirtualBox karena proses lainnya tidak ada yang berbeda dengan proses setting Windows XP di Virtual Box.

Proses Install Windows XP di Virtual Box

Sedangkan untuk proses install Windows XP sendiri, sama sekali tidak ada perbedaan dengan proses install Windows XP pada komputer PC Desktop seperti memasukkan serial number, setting nama komputer dan lain-lain.

Semoga artikel singkat mengenai proses install Windows XP di Virtual Machine menggunakan aplikasi VirtualBox ini bisa bermanfaat untuk anda. Jika ada pertanyaan seputar artikel ini, atau punya pengalaman lain seputar Virtual Box, jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah ini.