Satu lagi produk tablet baru akan meramaikan persaingan tablet Indonesia yang memang menjadi pasar potensial untuk memasarkan berbagai produk-produk gadget terbaru. Meskipun konsumen Indonesia secara garis besar masih condong ke beberapa merk terkenal, tetapi sepertinya tidak membuat pabrikan smartphone asal Cina ini ciut nyali, bahkan salah satu pabrikan smartphone asal Cina baru-baru ini telah merilis perangkat terbaru yang bernama PIPO Max-M8pro yang didistribusikan oleh PT Bhakti Sentosa Raya. Tidak main-main, tablet ini telah menggunakan prosesor quad core untuk mendukung kinerja sistem operasi dan aplikasi-aplikasi yang ada.

PIPO Max-M8pro

PIPO Max-M8pro, Tablet Android Quad Core harga Murah

Tablet ini, yang diberi nama cukup rumit, PIPO Max-M8pro dirancang dengan konstruksi desain yang terlihat kokoh, minimalis namun elegan. Dengan ukuran dimensi layar 240x170x9.02mm atau sekitar 9,2 inchi serta berbobot 538 gr, perangkat ini sekilas terlihat seperti layar sebuah komputer atau monitor. Kesan itu semakin kuat karena tidak banyak tombol-tombol yang ada pada perangkat ini.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Namun dengan ukuran yang cukup besar membuat perangkat ini akan sedikit merepotkan jika anda adalah seorang pengguna smartphone yang cukup mobile, meskipun bobotnya sedikit lebih ringan daripada perangkat sejenis. Tetapi dalam urusan performa, perangkat ini tangguh dan bisa bekerja secara maksimal karena tablet ini dipersenjatai dengan prosesor quad core Rockchip RK3188 Cortex-A9 dengan kecepatan 1,6GHz yang didukung oleh RAM berkapasitas 2GB. Dengan dapur pacu seperti itu, perangkat ini tidak mengalami kendala yang berarti untuk menjalankan sistem operasi Android 4.2. Sementara untuk masalah grafis, GPU Quad Core Mali-400 MP4 menjadi pilihan untuk membuat perangkat ini semakin tangguh.

Fitur SIM card tampaknya belum menjadi perhatian untuk ditanamkan pada perangkat ini, tetapi Wi-fi 802.11 a/b/g/n, Wi-fi direct hingga Wi-fi hotspot sudah dapat dinikmati dengan menggunakan perangkat ini. Jaringan 3G hanya akan bekerja dengan menggunakan alat tambahan berupa modem, karena tablet ini belum support SIM card. Memori internal sebesar 16GB juga telah disediakan, tetapi jika pengguna ingin menambah memori eksternal, micro SD bisa digunakan sampai dengan kapasitas maksimal hingga 32GB. Dengan dapur pacu yang seperti itu, baterai yang digunakan haruslah tahan lama, maka baterai Li-Ion berkapasitas 6500mAh akan menjadi tenaga yang cukup untuk menjalankan tablet ini.

Untuk tablet dengan mesin seperti itu, perangkat ini masih terbilang terjangkau yaitu sekitar $225, mungkin dengan pertimbangan bahwa masyarakat belum terlalu mengetahui merk ataupun vendor yang memproduksi tablet ini. Dan satu hal lagi, belum ada konfirmasi apakah layar tablet ini sudah menggunakan teknologi anti gores atau belum, maka lebih baik pengguna agar berhati-hati saat memakai perangkat ini.