Hal yang sudah awam apa bila vendor pembuat sebuah ponsel smartphone yang lebih sering mengeluarkan produk untuk flagshipnya terlebih dulu untuk dapat mencuri sebanyak-banyaknya perhatian dari pasaran dan yang kemudian akan merilis sebuah produk yang akan lebih ekonomis untuk dapat merangkul segmen golongan menengah dan bawah.

Langkah inilah yang kini telah dilakukan oleh vendor BlackBerry. Yang sebelumnya telah menghadirkan desain yang favorit dengan ponsel keyboard full QWERTY yang lewat Q10, maka kini telah menyusul type Q5 yang juga hampir memangkas dari setengah harga type Q10.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

BlackBerry-Q5-(SQR100-2)

Desain BlackBerry Q5 (SQR100-2)

Untuk dimensi ponsel ini adalah 120 x 66 x 10.8 mm dengan berat 120 gram, layar touchscreen dan QWERTY keyboard; port audio 3.5mm, material plastic, tombol power/lock; tombol pause; pengatur volume suara, lubang mic; microSD,dan slot kartu microSIM, port microUSB yang berada di sekeliling ponsel di sisi atas.

Bila anda melihat di garis keturunannya, maka sepertinya pada Q10 ini merupakan penerus dari trah Bold Series dan sementara Q5 ini adalah penerima tongkat estafet dari seri Curve yang juga lebih ekonomis.

Pada hal itu dapat terlihat dari sebuah desain papan ketik pada QWERTY yang juga mempunyai jarak antar tombol-tombolnya yang persis seperti pada tipe-tipe seri Curve yang terdahulu, hal ini tidak seperti milik dari type Q10 yang pada tombol-tombolnya telah tersusun rapat.

Anda Tak perlu lagi membanding-bandingkan bahan plastik yang ada pada backcover type Q5 ini dengan type Q10 sebab kualitas keduanya sudah jelas berbeda. Dan bahkan menurut pengamatan kami, pada bahan backcover di ponsel ini sudah tidak mencerminkan lagi sebuah ponsel yang banderol hampir mencapai 4 juta rupiah.

Pada ponsel ini tidak seperti pada produk sebuah smartphone yang lainnya dari vendor BlackBerry, pada baterai Q5 ini telah tertanam di dalam body tanpa adanya akses bagi para pengguna untuk dapat melepasnya sendiri. Maka dari itu Untuk slot dari kartu SIM serta memori dapat terlihat di luar hanya dengan membuka sebuah penutupnya yang ada di sisi kanan ponsel ini.