Shutdown atau turn off  adalah proses mematikan program komputer dengan cara dan prosedur yang benar. Bagi perangkat komputer yang masih baru atau masih sedikit program yang terinstal, proses shutdown tentu bukan menjadi masalah yang berarti. Namun lain halnya jika komputer yang ada sudah banyak terinstal software atau program yang bisa memberatkan, maka proses shutdown akan berjalan cukup lama dan menyita waktu. Hal seperti ini seringkali membuat kita merasa jengkel karena sedang terburu-buru atau harus segera menyelesaikan aktivitas lain.

Tips Mempercepat Shutdown di Windows 7

Cara Mempercepat Shutdown

Proses shutdown yang berlangsung begitu lama sebenarnya dipengaruhi oleh beberapa faktor di antaranya banyaknya program yang diinstal dan berjalan secara otomatis sehingga menciptakan cache yang harus ditutupp satu per satu ketika komputer dimatikan, Update sistem operasi yang gagal, juga bisa membuat proses shutdown menjadi sangat lama.  Lantas bagaimana cara mengatasi shutdown yang begitu lama ? pasalnya jika kita paksa untuk hard reset atau cabut aliran listrik tentu akan berisiko terhadap kerusakan hard disk.  Cara yang paling ampuh pastinya kita harus menunggu proses shutdown sampai berakhir dan sistem komputer kita benar-benar mati. Namun jika cara tersebut terasa kurang efisien karena harus menunggu terlalu lama, ada cara lain mempercepat shutdown dengan mengubah sistem Registry di dalam komputer kita. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

1. Klik Menu Start > pada menu search ketikkan Regedit > lalu tekan enter

2. Akan muncul jendela Registry, cari kata HKEY_LOCAL_MACHINE > SYSTEM > Curren ControlSet > Control. pada pilihan Control nanti akan muncul jendela baru seperti gambar di bawah ini. Klik kanan pada WaitToKillServiceTimeout lalu klik kanan Modify

3. Edit angka yang terdapat pada kolom Value data isikan dengan angkan antara 5000-10000. Dalam contoh tutorial,saya memasukan angka 7500. Kemudian klik OK

4. Selesai. kini coba matikan komputer Anda dan rasakan perbedaannya

Catatan : Semakin kecil angka yang kita isikan pada kolom Value data, maka akan semakin cepat pula proses shutdown windows kita. Standar value yang digunakan adalah antara 5000-10000, tidak disarankan mengisi di bawah 5000 karena akan mematikan komputer secara paksa.

Selamat mencoba dan semoga Windows 7 anda lebih cepat dalam proses shutdown.