Tips Menghemat Memori Pada Ponsel Nokia Lumia –  Memori menjadi salah satu faktor yang menentukan kecepatan kinerja sebuah ponsel. Semakin besar memori yang ada pada sebuah ponsel, maka akan semakin ringan dan cepat kinerja ponsel. Tidak terkecuali pada ponsel yang berbasis Windows Phone, Nokia Lumia juga sama halnya dengan ponsel lain yang bergantung pada memori. Nah, kabar bagus bagi Anda pengguna ponsel Nokia seri Lumia karena ponsel berbasis windows phone ini bisa dilakukan penghematan memori hingga 2 GB. Jumlah yang cukup besar tentunya untuk meembuat ruang penyimpanan semakin lega sehingga mempercepat kinerja CPU dan juga menghemat konsumsi daya baterai

tips,tips menghemat memori nokia,memori nokia lumia,memperbesar memori nokia lumia

File peta offline justru meakan ruang yang cukup besar

Aplikasi Peta Offline Windows Phone 8

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Windows phone memiliki fitur yang memungkinkan penggunanya untuk mengakses peta secara offline. Nah, rahasia penghematan memori hingga 2 GB ini adalah dengan membuang fitur peta offline tersebut (sebagai gantinya, kita bisa memanfaatkan layanan peta online). Dengan membuang aplikasi peta offline ini selain bisa menambah memori hingga 2 GB, juga bisa membuat kinerja ponsel menjadi semakin ringan dalam aksesibilitas.

Terlepas dari manfaat yang diusung oleh aplikasi peta offline tersebut perlu diketahui bahwa aplikasi tersebut membutuhkan minimal ruang penyimpanan agar ponsel berjalan lancar. Sehingga jika diakumulasikan, beberapa file peta justru memiliki ukuran yang cukup besar. padahal, peta yang tersedia kebanyakan untuk wilayah amerika. sebagai contoh beberapa peta mempunyai besaran file yang cukup besar  Cayman Islands (21.8 MB) , the Bahamas (24.9 MB), USA (2,518.8 MB, or about 2.4GB).

Bagi pengguna Nokia Lumia yang jarang bepergian, atau kurang memanfaatkan fitur tersebut ada baiknya untuk menghilangkan aplikasi peta offline agar kinerja ponsel Lumia menjadi lebih ringan dan cepat.  Jika masih merasa membutuhkan peta offline, Anda bisa menyortir tempat-tempat yang tidak dikunjungi kemudian membuang file peta tersebut untuk mendapatkan kapasitas ruang bebas yang lebih banyak.

Berikut ini tips menghemat memori pada Nokia Lumia:

  1. Buka aplikasi Maps
  2. Tekan “2 titik” untuk membuka menu
  3. Pilih Download Peta > Download Maps Baru
  4. Tekan dan tahan Bahamas, Cayman Islands dan/atau USA untuk membuka menu
  5. Hapus

Dengan langkah di atas maka kita akan mendapatkan ruang tambahan sebesar 2,5 GB. Tentunya  untuk menghapus data sebesaritu akan membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga biarka perangkat Lumia menjalankan pekerjaannya, sembari kita melakukan aktivitas yang lain. Selamat mencoba