Sangatlah penting untuk memerhatikan keamanan komputer Anda, khususnya jika Anda memiliki informasi-informasi pribadi didalamnya. Meskipun produsen microsfot telah mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan keamanan komputer produksinya, akan tetapi masih ada rasa waspada oleh pengguna untuk tetap lebih memerhatikan keamanan komputer Anda. Bahkan jika sistem komputer telah terpasang antivirus, para pengguna masih perlu pengecekan secara rutin komputer untuk memastikan bahwa komputer tetap update dan berfungsi secara optimal.

Cara Mengecek Apakah Komputer Anda Aman Atau Tidak

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Berikut ini adalah tips untuk mengecek keamanan komputer Anda :

1. Pastikan bahwa seluruh pengaturan yang direkomendasikan dalam keadaan aktif (enabled) pada “Windows Security Center). Jika status berwarna hijau, maka itu menandakan bahwa semua setting yang direkomendasikan aktif. Jika status berwarna kuning atau merah, maka komputer Anda masih rentan. Selalu aktifkan settingan yang memang telah dianjurkan.

2. Periksa status antivirus yang terpasang di komputer Anda. Pastikan untuk selalu mengapdate database antivirusnya. Meski pada “Windows Security Center: bisa melacak apakah ada antivirus yang terpasang di komputer tetapi itu tidak dapat mengetahui apakah antivirus yang Anda gunakan memiliki database antivirus yang selalu update.

3. Periksa apakah Anda dapat mendownload windows update secara manual.

4. Jika Anda menggunakan wireless router di rumah Anda, pastikan bahwa koneksinya aman. Jika tidak, amankan dengan password  untuk menghindari  akses yang tidak di inginkan masuk ke jaringan Anda. Tidak hanya menghindari dari tetangga yang mengakses internet secara gratis, itu juga bisa membantu dalam menghindari jaringan anda terinfeksi virus yang masuk ke sistem Anda nantinya.