PC-Web-Camera

Web Camera atau yang biasa disingkat WebCam ini termasuk ke dalam perangkat keras periferal berupa kamera video sederhana dengan ukuran yang relatif lebih kecil. Biasanya ini digunakan untuk kebutuhan video call maupun kamera pemantau. Jadi WebCam umumnya tidak memerlukan kaset maupun tempat untuk menyimpan data melainkan data yang didapat akan langsung ditransferkan kepada komputer.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Jenis-jenis dari WebCam dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu :

  • Jenis Serial and Parallel port WebCam
    WebCam jenis ini telah jarang digunakan sekarang ini, sebab juga tidak lagi diproduksi. Jenis WebCam pertama kali ini juga menghasilkan gambar dengan kualitas yang rendah derta frame rate yang sangat rendah pula.
  • Jenis USB WebCam
    WebCam ini adalah solusi untuk pengguna yang masih baru. WebCam yang telah mendukung fasilitas PnP ini bisa dihubungkan secara langsung ke port tanpa perlu mematikan komputer. Akan tetapi syarat yang harus dipenuhi yaitu OS-nya harus sudah mendukung fasilitas port usb.
  • Jenis Firewire and Card Based WebCam
    Firewire merupakan teknologi video capture device yang diperlukan untuk kamera yang telah mendukungnya. Biasanya WebCam yang memerlukan teknologi tersebut harganya relatif mahal. Akan tetapi kemampuan yang ditawarkan pun bisa menghasilkan 24 hingga 30 fps.
  • Jenis Network and Wireless Camera
    Network Camera merupakan salah satu perangkat kamera yang tidak membutuhkan fasilitas komputer sama sekali. Karen kamera jenis ini bisa tehubung langsung ke jaringan dengan modem.

Bagian serta kelengkapan dari perangkat WebCam

Sebenarnya WebCam terdiri atas sebuah lensa, sirkuit elektronik dan sensor gambar, sensor gambar tersebut bisa berupa CCD dan CMOS. Selain itu WebCam umunya juga dilengkapi dengan berbagai peralatan tambahan seperti :

  • Kabel Data
    Ini adalah sebuah kabel yang nantinya akan menghubungkan Komputer dengan WebCam maupun jenis perangkat periferal yang lainnya.
  • Tombol Snapshot
    Tombol ini dipegunakan untuk mengambil gambar yang bergerak serta untuk menyimpannya ke dalam bentuk foto.
  • Pengaturan Focus
    Ini digunakan untuk pengaturan lensa supaya gambar yang dihasilkan lebih jelas.
  • Lensa Camera
    Ini digunakan untuk melakukan pengambilan video ataupun foto.

Pada dasarnya lensa yang paling umum digunakan yaitu jenis lensa plastik yang bisa digerakkan. Web Camera sendiri juga membutuhkan resolusi rata-rata sebesar 25 fps atau lebih dari 1.3 MP.