Vga-Card

Mungkin bagi anda sering berkutat dengan komputer pasti sudah akrab dengan yang namanya VGA Card. Jadi VGA Card merupakan salah satu perangkat keras untuk melakukan rendering output berupa visual yang kemudian akan ditampilkan kedalam suatu layar monitor. Kata Card disitu menunjukkan bentuk dari VGA itu menyerupai kartu yang ditancapkan pada motherboard dengan slot tersendiri..

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Struktur dari VGA juga hampir sama dengan komputer dengan ukuran yang sangat kecil. Jadi VGA Card mempunyai prosesor didalamnya yang dikenal dengan sebutan GPU dan didalamnya ditambah dengan adanya memori. Prosesor tersebut akan panas apabila dialiri suatu listrik ketika bekerja, oleh karena itu dibutuhkannya heatsink untuk menyerap kalor dan juga kipas untuk mengusir panas. Hal ini dikarenakan GPU mempunyai suhu optimal serta tidak boleh menjadi overheat. Dan apabila overheat, tentu VGA Card dapat rusak serta tidak bisa dipergunakan kembali.

Jenis-jenis dari VGA Card

Pada dasarnya VGA Card dibagi menjadi 2 jenis berdasarkan bentuknya yakni VGA Card add-on dan juga VGA Card on-Board. Untuk VGA on-board bisa kita temui disemua motherboard ketika anda membelinya, sebab VGA ini bisa digunakan untuk menampilkan output ke layar monitor. Apabila kita membutuhkan pemrosesan grafis yang tinggi, maka kita juga tidak membutuhkan tambahan VGA Card add-on. Akan tetapi bagi anda seorang gamer maupun desainer grafis, maka sebaiknya anda gunakan VGA Card add-on untuk menunjang kinerjanya agar lebih maksimal.

Oleh karena itu VGA Card add-on keberadaannya disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Namun hal ini hanya berlaku untuk PC saja, karena untuk perangkat yang lain tidak tersedianya slot VGA Card add-on. Selain itu VGA Card add-on ini juga menyebabkan kebutuhan komputer akan daya listrik semakin tinggi.

Kelebihan dan Kekurangan dari masing-masing VGA Card

Kelebihan yang dimiliki VGA Card jenis on-board yaitu sudah satu paket bersama dengan motherboard, jadi bisa dipastikan tidak akan menemui masalah ketika anda gunakan. Selain itu VGA Card juga dapat dikatakan gratis karena anda tidak perlu membelinya secara terpisah. Sementara kekurangan yang dimiliki VGA Card ini yaitu tidak mempunyai memori sendiri, jadi dalam penggunaannya akan mengambil memori utama dari CPU atau yang dikenal dengan sebutan RAM. Dan apabila RAM yang anda gunakan terbatas maka kinerja dari komputer akan semakin melambat.

Untuk kelebihan dari VGA Card add-on yaitu dapat melakukan pemrosesan yang berat serta tidak lagi memotong memori dari RAM. Jadi proses tampilan grafis tidak lagi membebani sebuah prosesor sebab telah ada memorinya sendiri. Sementara untuk kelemahannya faktor harga yang mahal serta membutuhkan pasokan listrik yang lebih besar.