prosesor

Pada dasarnya prosesor adalah suatu komponen internal yang dapat berinteraksi dengan komponen komputer yang lainnya. Karena fungsinya yang begitu penting bagi komputer, maka prosesor juga dikatakan sebagai otak daripada sebuah komputer.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Seiring berkembangnya teknologi, untuk prosesor yang sekarang ini digunakan pada sebuah komputer sudah berupa chip dengan ukuran yang sangat kecil yang disebut dengan mikroprosesor. Jadi mikroprosesor ini terbuat dari bahan silikon yang mempunyai kawat transistor di dalamnya. Untuk lebar kawat tersebut berukuran mikron dan masing-masing kawat lebarnya tidak lebih dari 1 mikron. Merk prosesor yang terkenal di pasaran saat ini yaitu AMD dan Intel.

Kinerja Prosesor

Prosesor pada sebuah komputer bekerja dengan cara mengeksekusi instruksi yang telah tersimpan dalam sebuah program. Jadi prosesor tersebut akan mengambil, mengode, mengeksekusi serta menulis data dengan pergantian yang sangat cepat.

Prosesor akan mengambil suatu data tertentu untuk kemudian memprosesnya. Lalu data tersebut akan disimpan di dalam memori. Untuk memori yang digunakan bisa berasal dari sistem atau bisa juga memori internal yang disebut cache. Jadi dengan cache inilah suatu komputer bisa mengakses semua data yang telah digunakan dengan cepat, sehingga juga akan mempercepat kinerja dari komputer.

Cache sendiri mempunyai ukuran dalam satuan bits, contohnya 32 bit. Maksudnya prosesor mempunyai kemampuan dalam memproses 32 bit data internal untuk sekali waktu. Umumnya, prosesor mempunyai 2 fungsi yang utama yaitu :

  • ALU atau Arithmetic Logic Unit ini akan melakukan suatu operasi logika dan matematika.
  • CU atau Control Unit ini akan melakukan penyaringan instruksi dari suatu memori komputer, mengode dan kemudian mengeksekusinya.

Masing-masing Prosesor komputer mempunyai built-in clock. Jadi Clock internal tersebut akan mendikte seberapa cepat data itu bisa di proses. Kecepatannya diukur dengan satuan millions of cycles per second atau yang biasa disebut dengan megahertz (MHz). Apabila megahertz nya tinggi, maka komputer akan semakin cepat. Megahertz sendiri ada bervariasi antara 25 MHz sampai 4 GHz. Selain itu dengan kecepatan yang tinggi maka juga lebih menghemat waktu.

Bagi anda yang hendak memiliki sebuah prosesor, hal-hal yang perlu anda perhatikan diantaranya :

  • Memperhatikan Produsennya
  • Perhatikan Fungsi Multicore dan Clock Speed-nya
  • Perhatikan Memori Cache
  • Perhatikan Front Side Bus (FBS)
  • Perhatikan jumlah bit (64 bit)
  • Perhatikan Socket
  • Perhatikan Spesifikasi Grafis

Sebenarnya baik itu prosesor kelas bawah, kelas menengah, ataupun kelas atas sangat mempengaruhi kinerja dari sebuah komputer.