printer

Bagaimana suatu foto pada kamera itu dapat dicetak sehingga menjadi suatu gambar berbentuk kertas? Proses ini dahulu masih bisa dikatakan sangat rumit sebab dibutuhkannya alat-alat yang rumit pula untuk mencetaknya. Proses afdruk foto misalnya, cara yang satu ini mungkin sudah jarang digunakan. Sekarang ini dalam hal mencetak foto memang sudah bisa dilakukan secara mudah dengan adanya sebuah perangkat yang disebut printer, dengan printer tersebut kita bisa melakukan pencetakan gambar, teks maupun foto.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Pada dasarnya printer adalah sebuah perangkat keras output atau keluaran berbentuk cetak, baik itu teks ataupun gambar. Kita bisa mencetak apapun dengan menggunakan alat ini. Printer yang sekarang ini populer digunakan oleh masyarakat luas adalah printer keluaran perusahaan besar layaknya epson, canon dan juga hp.

Jenis-jenis Printer

Printer yang merupakan periferal pada perangkat komputer ini terdapat beberapa macam jenisnya. Untuk jenis yang pertama dari printer sendiri dikenal dengan sebutan printer dot matrix. Setelah itu mengalami perkembangan dan muncullah jenis printer ink jet atau tinta. Dan yang terakhir yaitu printer dengan jenis laser.

Pada jenis printer dot matrik masih menggunakan pita untuk alat cetaknya. Dan printer ini biasanya masih digunakan di perkantoran. Akan tetapi untuk pemakaian di rumah sudah mulai ditinggalkan karena suaranya yang berisik dan waktu cetaknya lama.

Printer yang sekarang ini populer digunakan yaitu jenis tinta dan juga laser.

Berikut ini Cara Kerja dari Masing-masing Jenis Printer

  • Printer Dot Matrix
    Pada printer ini terdapat 7 hingga 24 jarum pada head yang disusun secara vertikal dan bentuknya seperti sebuah kolom. Jadi jarum tersebut nantinya akan saling bergesekan dengan kertas dan karbon yang pada akhirnya akan menghasilkan sebuah gambar ataupun tulisan di kertas.
  • Printer Ink Jet
    Printer ini telah menggunakan teknologi dor on demand. Maksudnya printer akan menyemprotkan tinta yang nantinya akan menjadi titik kecil di atas kertas melalui lubang pipa yang sangat kecil. Namun selain itu terdapat juga yang menggunakan panas, jadi tinta menjadi menggelembung dikarenakan panas tersebut. Apabila semakin panas, maka tekanan pada tintanya juga akan semakin kuat.
  • Printer Laser
    Printer ini mempunyai kawat corona untuk menghasilkan sebuah listrik statis, yang kemudian bisa membuat drum-drum positif. Jadi laser menyemprot drum tersebut menggunakan sinar sembari berputar. Ketika laser menggambarkan sesuatu dengan listrik statis, maka tinta serbuk akan ditaburkan ke drum dan tinta (muatan positif) tersebut akan menempel di drum (muatan negatif). Kemudian kertas printer¬†yang dimasukkan akan digiling oleh drum tersebut dan “citra” pada drum tersebut akan tersalin ke kertas tersebut.