power-supply

Power supply merupakan perangkat keras yang memiliki fungsi sebagai penyuplai tegangan secara langsung kepada komponen yang memang memerlukan suatu tegangan. Contohnya seperti motherboard, kipas, harddisk dan lain sebagainya. Input dari power supply ini yaitu berupa arus AC, jadi power supply ini harus mengubah arus AC menjadi arus DC dikarenakan perangkat keras sebuah komputer hanya bisa beroperasi dengan menggunakan arus DC.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Selain berfungsi untuk menyuplai tegangan, juga mempunyai peran sebagai pengatur besar kecilnya voltase yang nantinya akan masuk ke komputer. Jadi power supply dapat dikatakan sebagai jantung dari hardware komputer.

Cara Kerja Power Supply

Pada saat kita menekan power pada casing, maka yang terjadi ialah power supply akan segera melakukan cek dan tes pada saat komputer tersebut benar-benar menyala, dan apabila tes tersebut sukses maka power supply akan mengirimkan sinyal tertentu kepada motherboard atau yang biasa disebut dengan power good.

Untuk jenis-jenis konektor pada power supply sendiri ada beberapa macam :

  • Konektor 20/24 pin
  • Konektor 4 pin
  • Konektor 4/8
  • Konektor 6-pin PCIe
  • Konektor Floppy
  • Konektor SATA

Jenis-Jenis dari Power Supply

Power Supply denganĀ  jenis AT

Untuk Power Supply jenis ini mempunyai kabel power yang terhubung dengan motherboard secara terpisah menjadi 2 bagian konektor power, P8 dan juga P9. Jadi pada kabel yang berwarna hitam dari kedua konektor tersebut apabila disatukan harus bertemu ditengah.

Tombol ON/OFF pada power supply jenis ini dihubungkan secara langsung dengan tombol casing. Dan untuk mematikan maupun menghidupkan komputer, maka tombol power pada casing harus ditekan. Power supply ini hanya digunakan ketika masih era komputer pentium 2, sementara di era pentium 3 ke atas sampai saat ini sudah tidak lagi digunakan.

Power Supply dengan jenis ATX

Power supply jenis ini adalah yang paling banyak digunakan sekarang ini. Yang membedakan power supply jenis AT dan ATX yaitu terletak pada tombol powernya. Untuk power supply jenis AT masih menggunakan switch, sementara untuk jenis ATX telah menggunakan tombol untuk mengirimkan sinyal pada motherboard layaknya tombol power yang ada pada keyboard.