Tips & Trik »
Oct 20, 2014 – 05:26 | 66 views

Disamping Smartphone, Laptop mungkin menjadi perangkat yang sulit dipisahkan dari pemiliknya. Pasalnya perangkat ini memang memiliki sangat banyak manfaat, terutama bagi Anda kalangan pelajar dan pekerja kantor. Bukan tidak mungkin setiap hari Anda akan selalu …

Read the full story »
Tips & Trik
Review
Komputer
Internet
Fun
Home » Komputer

Pengertian Monitor Dan Jenis-jenisnya

Dipublikasikan oleh on Jul 17, 2013 – 21:00 | 5,835 views

Monitor

Monitor merupakan perangkat keras yang digunakan sebagai alat output data secara grafis pada sebuah komputer. Oleh karena itu monitor juga kerap disebut untuk layar tampilan komputer.

Pada monitor sendiri, untuk ketajaman gambarnya yang ditampilkan ditentukan berdasarkan resolusi. Jadi tipe dari setiap monitor komputer saat ini sangatlah beragam, ada yang bentuknya besar dengan layar cembung hingga yang bentuknya tipis dengan layar flat.  Sebenarnya ada beberapa tipe dan jenis monitor, namun yang akan kita informasikan berikut ini adalah jenis dan fungsi dari monitor yang populer dipakai yaitu LCD dan CRT.

Monitor Liquid Crystal Display (LCD)

Monitor LCD merupakan salah satu jenis media tampilan yang bahannya menggunakan kristal cair. Jenis monitor LCD ini juga telah populer digunakan pada barang elektronik layaknya layar komputer, televisi, dan lain-lain. Bahkan sekarang ini layar LCD tengah mendominasi laptop maupun notebook karena daya yang dibutuhkannya lebih rendah serta lebih ringan dan tipis, akan tetapi tetap bisa menghasilkan resolusi yang tinggi.

LCD yang berwarna terdiri atas banyak piksel atau titik cahaya yang mana titiknya itu merupakan satu buah kristal cair. Meskipun berupa titik cahaya, namun kristal tersebut tidak bisa memancarkan cahaya karena cahayanya bersumber dari lampu neon yang mempunyai warna putih yang berada di belakang susunan kristal tersebut.

Keuntungan penggunaan monitor LCD selain memiliki model yang tipis, namun juga dalam penggunaan daya listriknya sangat hemat hanya sekitar 20 watt serta radiasinya yang rendah. Akan tetapi kelemahan dari monitor jenis ini yaitu harganya yang relatif lebih mahal, selain itu monitor ini rentan akan goresan, dead piksel yang dampaknya tidak bisa menampilkan gambar.

Monitor Cathode Ray Tube (CRT)

Tampilan yang dihasilkan dari monitor CRT ini dihasilkan atas pancaran dari sinar elektron (katoda) dengan keceoatan tinggi di dalam tabung hampa udara. Lalu pancaran sinar elektron tersebut menumbuk layar dengan sifatnya yang flouroscent dan pada akhirnya bisa membentuk sebuah pola pada layar.

Keuntungan dengan menggunakan jenis monitor CRT yaitu harganya yang terbilang lebih murah. Namun disisi lain kelemahan dari monitor ini membutuhkan daya listrik yang cukup besar serta pancaran dari radiasi elektromagnetiknya bisa membuat mata cepat lelah.

Jadi untuk mengatasi radiasi tersebut kita bisa menggunakan semacam filter untuk menguranginya. Untuk jenis monitor CRT sendiri dibagi menjadi 2 golongan :

  1. Layar Cembung
  2. Layar Datar

Untuk monitor dengan model layar datar mempunyai radiasi yang lebih kecil dibanding yang model cembung. Namun hal ini juga berpengaruh terhadap harganya karena untuk harga yang monitor CRT layar datar sedikit lebih mahal.

Tags: , ,

Related Content with Pengertian Monitor dan Jenis-jenisnya

Leave a comment!

yhs-fullyhosted_003 yhs-default yhs-ddc_bd www xhot in Sik wap evercoss A5K yhs-fh_lsonsw lenovo a3161 cara merubah tampilan android menjadi blackberry