scanner

Scanner atau yang biasa disebut juga dengan alat pemindai ini merupakan suatu perangkat keras yang digunakan untuk memindahkan (pindai) baik itu foto, dokumen dan sebagainya. Hasil dari pemindaian itu nantinya akan disimpan kedalam memori komputer dalam bentuk data digital.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Fungsi dari scanner

Scanner berfungsi sebagai perangkat yang bekerja dengan cara memindahkan beberapa objek yang berada di atas lensa scanner kedalam memori komputer. Apabila diatas lensa tersebut terdapat kertas yang berisikan tulisan maupun gambar, maka maka isi dari kertas tersebut akan dipindahkan kedalam komputer kita.

Cara Kerja Scanner

Jadi scanner mengubah cahaya menjadi suatu bentuk data digital dengan format 1 dan 0. Dan data tersebut kemudian akan terlihat seperti gambar objek yang jelas. Misalnya penggunaan scanner bisa kita jumpai pada mesin fax, mesin fotocopy, mesin pemscan barcode dan masih banyak lagi.

Jenis-jenis Scanner antara lain

Berdasarkan kegunaan dan manfaatnya, scanner dibagi kedalam beberapa jenis antara lain :

  • Flat Bed Scanner
    Flat Bed scanner merupakan alat scanner yang banyak digunakan karena harganya yang lebih murah sehingga sangat cocok digunakan untuk keperluan pribadi. Jadi untuk menggunakan alat ini, harus dengan meletakkan gambar satu-satu ketika pengambilan gambar. Umumnya berbentuk persegi panjang, mempunyai papan penutup serta terdapat lapisan kaca tempat dimana gambar tersebut diletakkan.
  • Automatic Document FeederIni sangat pas digunakan untuk perkantoran sebab memiliki banyak keunggulan dalam penggunaan. Kita bisa meletakkan gambar banyak sekaligus, kemudian alat ini secara otomatis akan mengambil untuk discannya lalu dijadikan kedalam bentuk file digital. Untuk harganya sendiri memang relatif lebih mahal apabila dibanding dengan flad bed scanner.
  • Handler ScannerAlat ini membutuhkan sedikit keterampilan untuk menggunakannya. Jadi pengguna harus menggerakkan scanner dengan tangan di atas gambar yang hendak discan. Alat ini memiliki kekurangan yaitu proses scannya yang terlalu sensitif sehingga hasil gambarnya kurang baik dan kecepatan geraknya tidak merata.
  • Drum Scanner
    Alat ini menggunakan photomultiplier tubes untuk men-scan suatu data gambar. Hasil dari alat ini memang lebih baik dibanding yang lainnya, akan tetapi dengan harganya yang mahal menjadikan ini jarang digunakan.

Berdasarkan objek yang bisa di scan :

  • Image Scanner
    Scanner yang bisa digunakan untuk men-scan gambar.
  • Optical Character ReaderScanner yang bisa digunakan untuk mengambil tulisan pada kertas yang akan discan. Alat ini umumnya digunakan untuk mengoreksi LJK ujian.
  • Barcode Scanner
    Scanner yang bisa digunakan untuk men-scan barcode dengan aturan tertentu. Alat ini umumnya digunakan di swalayan.
  • Heurustik Scanner
    Scanner yang bisa digunakan untuk men-scan suatu kode-kode tertentu.