harddisk

Harddisk merupakan sebuah penyimpanan dimana suatu data disimpan dalam bentuk magnetik pada piringan metal yang telah terintegrasi. Jadi suatu data disimpan pada lingkaran konsentris yang biasa disebut dengan track. Masing-masing track dibagi kedalam beberapa bagian yang dikenal dengan istilah sektor. Untuk melakukan operasi baca tulis suatu data baik itu dari piringan maupun ke piringan, Head yang terdapat pada piringan itulah yang melakukannya. Jadi head ini akan bergerak untuk mencari sektor-sektor tertentu yang kemudian akan dilakukan operasi, sementara waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pencarian sektor tersebut dinamakan seek time. Apabila head telah menemukan sektor yang dimaksud, maka kemudian head akan berputar untuk melakukan pencarian track dan waktu untuk mencari track tersebut dinamakan latency.

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Pada dasarnya harddisk adalah media penyimpanan yang permanen, sehingga data yang disimpan didalamnya tidak akan hilang meskipun tidak adanya aliran listrik. Ukuran dari harddisk dinyatakan dalam satuan Byte. Misalkan 160 GB maka ada 160 Milyar Byte. Harddisk yang ditemukan oleh Reynold Johnson ini pertama kali hanya berukuran 4.4 MB. Berikut ini terdapat bagian-bagian dari harddisk, diantaranya :

  • Spindle

    Spindle ini digunakan sebagai pusat dari putaran keping-keping cakram yang menyimpan data. Jadi spindle berputar begitu cepat, sehingga harus digunakan high quality bearing.Harddisk yang dulu masih menggunakan ball bearing akan tetapi harddisk sekarang telah menggunakan flud bearing. Setelah digunakannya flud bearing, tingkat kebisingan dan gaya fraksi bisa lebih diminimalisir. Jadi semakin cepat putaran rpm pada suatu harddisk maka juga lebih cepat transfer datanya, karena spindle inilah yang menetukan dari putaran harddisk.

  • Magnetic Disk

    Magnetic disk atau cakram magnetik ini merupakan tempat dimana data pada harddisk itu disimpan. Cakram magnetik memiliki bentuk berupa plat tipis seperti kepingan CD. Dan di dalam harddisk ada beberapa cakram magnetik.

  • Read-write Head

    Read-write Head merupakan pengambil suatu data yang terdapat pada cakram magnetik. Jadi head ini berada tepat diatas cakram magnetik dengan jarak yang sangat tipis. Dengan dibetikan jarak tersebut sehingga harddisk dapat bertahan lebih lama.

  • Enclosure

    Enclosure merupakan suatu lapisan terluar pembungkus dari harddisk. Untuk fungsinya sendiri yaitu melindungi seluruh bagian harddisk supaya tidak terkena kotoran debu dan yang lainnya yang bisa menyebabkan kerusakan pada data.

Itulah sedikit ulasan mengenai perangkat keras harddisk yang biasa kita gunakan sebagai media penyimpanan data pada komputer kita.