motherboard

Motherboard adalah sebuah perangkat keras komputer yang bisa kita ibaratkan sebagai rumah. Mengapa diibaratkan rumah karena disanalah tepat semua perangkat keras komputer disimpan atau ditempatkan. Lalu, apa motherboard itu sebenarnya? Serta apa kegunaannya?

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Motherboard yang biasa dikenal dengan papan induk ini memiliki kegunaan sebagai tempat dari perangkat keras utama CPU layaknya RAM, Prosesor, VGA Card dan sebagainya. Bentuk dari motherboard sendiri seperti papan sirkuit elektronik. Motherboard adalah tempat untuk berlalu lalangnya data karena motherboard menghubungkan semua perangkat komputer serta membuatnya bekerja sama yang pada akhirnya komputer dapat berjalan dengan semestinya. Apabila terjadi kerusakan pada motherboard, maka alat ini tidak bisa digunakan.

Di luar sana ada banyak jenis motherboard yang bisa kita temui di pasaran, untuk harganya sendiri bervariasi menyesuaikan merknya. Selain itu pemilihan suatu motherboard tertentu juga bisa mempengaruhi baik burunya kinerja pada suatu komputer. Di dalam motherboard juga terdapat bagian-bagian yang biasa digunakan, untuk mengetahui lebih dalam lagi maka anda harus mengetahui bagian dari motherboard berikut ini :

  • Bios
    Basic Input/Output System yang biasa disingkat Bios ini berfungsi untuk pengendali hubungan diantara software komputer dengan hardware yang dipasang di motherboard.
  • Socket Processor
    Socket ini digunakan untuk meletakkan prosesor, jadi masing-masing socket juga prosesornya berbeda. Pada dasarnya ada banyak jenis dari socket salah satunya socket LGA, socket 478, socket AM2 dan sebagainya.
  • Slot Memory
    Slot ini digunakan untuk meletakkan RAM, dan slot Memory itu juga berbeda-beda. Jadi apabila anda membeli Motherboard periksa dahulu slot memory apakah yang terdapat disana, apa RAM DDR1, 2, 3 atau SDRAM.
  • Slot Ekspansi
    Slot ini memiliki fungsi untuk meletakkan perlengkapan tambahan untuk menunjang kinerja dari komputer. Contohnya seperti Soundcard, VGA Card atau yang lainnya. Slot tersebut juga terdiri beberapa macam bentuk, dan masing-masing tidaklah sama.
  • Baterai CMOS
    Baterai ini berguna sebagai sumber tenaga bagi motherboard untuk mengenali komponen-komponen yang dipasang didalamnya sebelum adanya pasokan listrik yang masuk.
  • Konektor
    Konektor di dalam motherboard berguna sebagai penghubung antara komponen yang lain dengan motherboard. Beberapa konektor yang biasa kita jumpai yaitu konektor untuk Keyboard, Mouse, Harddisk, USB, Sound, dan sebagainya.

Bagi anda seorang pekerja dan membutuhkan komputer dengan spesifikasi yang tinggi, maka sebaiknya pilihlah jenis motherboard yang sudah terbukti kualitasnya. Dan apabila hanya digunakan untuk keperluan yang ringan, maka pilihlah jenis motherboard yang spesifikasinya biasa saja karena harganya juga akan jauh lebih murah.