Mungkin di sini ada yang punya hobi untuk mengutak-atik Ubuntu Linux, baik untuk kebutuhan dan aktifitas sehari-hari maupun hanya untuk sekedar iseng dan berkeserimen mencoba sesuatu yang baru selain menggunakan OS Windows. Jika anda adalah orang kedua (yang menggunakan Linux hanya untuk berkeksperimen), mungkin virtual PC/Komputer adalah solusi utama anda tetap bisa menggunakan Linux tanpa harus direportkan dengan partisi hardisk yang mungkin akan menyita banyak waktu dari yang anda punya.

Install Ubuntu di Virtual Box

[Ads] Download PDF dan eBook gratis tanpa harus registrasi, tanpa syarat apapun.

Tanpa harus basa-basi lagi, berikut ini step by step install Ubuntu Linux di Windows Virtual PC/Komputer. Untuk yang ini, di sini yang akan digunakan adalan aplikasi Virtual Box buatan Oracle yang bisa di-download dengan gratis.

Tahap pertama adalah mempersiapkan software yang akan digunakan untuk proses install Ubuntu di Virtual System:

Setelah semua file terdownload, lanjutkan dengan install dua aplikasi yaitu VirtualBox dan Virtual CloneDrive:

  • Install Virtual CloneDrive terlebih dahulu. Untuk setting biarkan saja secara default apa adanya.
    Proses Install Virtual Clone Drive
  • Setelah selesai, lanjutkan dengan install VirtualBox ke dalam Windows.
  • Pastikan anda mengizinkan untuk install driver ketika ditanya install driver dati Virtual Driver untuk Virtual Network Adapater dan Virtual USB Adapter.
    Install Virtual Network Adapter USB Drive
  • Lanjutkan proses install software sampai selesai.

Proses install software Virtual Box selesai sehingga anda bisa mencoba menggunakan Virtual Box untuk menginstall Ubuntuk Linux di komputer virtual.

Sekarang waktunya untuk mebuat virtual PC dan hardisk di dalam komputer yang sedang kita gunakan.

  • Pertama kalinya, mount dari file ISO menjadi sebuah drive virtual dengan menggunakan Virtual CloneDrive. Klik kanan pada file ISO dan pilih Mount Virtual CloneDrive (I). Pada contoh drive yang tersedia adalah drive I.
    Mount Virtual Drive
  • Selanjutnya buka aplikasi Virtual Box.
  • Buat sebuah virtual drive dengan klik tombol New pada pojok kiri atas aplikasi.
  • Beri nama Virtual PC anda sesuai dengan keinginginan. Untuk membudahkan, pilih nama sesuai dengan OS yang ingin anda install.
    Membuat Virtual Drive dengan nama sesuai dengan OS yang ingin di install
  • Tetuntan RAM dari Virtual PC tersebut. Di sini anda bisa menentukan dengan bebas berapa yang anda mau. Namun alangkan lebih baik jika anda menentukannya sebesar mungkin tetapi masih ada di area hijau. Pada contoh, yang digunakan adalah menggunakan RAM 2048MB.
    RAM Virtual Box
  • Klik tombol Create untuk memulai menggunakan Virtual Box.
  • Selanjutnya anda diminta untuk menentukan jenis dari hardisk virtual. Untuk saat ini biarkan default saja dan lanjutkan dengan klik tombol Next.
    Create Virtual Drive pada Virtual Box
  • Selanjutnya anda diminta untuk memasukkan tipe  disk, apakah Dynamic atau Fixed. Piliha terbaik adalah menggunakan Fixed drive.
    Fixed Virtual Drive
  • Untuk selanjutnya, piluh besar dari virtual drive yang anda inginkan. Untuk saat ini biarkan saja defaultnya karena 8GB sudah lebih dari cukup untuk install virtual drive. Lanjutkan dengan memilih tombol Create.
    Ukuran Virtual Drive
  • Untuk jenis/tipe hardisk virtual, gunakan VirtualBox Disk Image (default). Untuk jenis lain akan dipelajari di kesempatan yang lain.
    VDI Virtual drive
  • Tunggu sampai pembuatan drive virtual selesai. Proses ini akan memakan waktu beberapa menit, tergantung kecepatan komputer yang anda gunakan.
    Virtual Disk dari VirtualBox
  • Jika proses selesai anda akan menemukan satu buah virtual drive pada aplikasi Virtual Box. Jika ingin membuat Virtual Drive yang lain, lakukan proses yang sama seperti sebelumnya. Dengan begini anda bisa mempunyai beberapa virtual komputer pada satu buah komputer.

Proses pembuatan virtual Box selesai. Lanjutkan dengan dengan proses install Linux di dalam Virtual Box.

  • Sebelum memulai proses install anda bisa melakukan beberapa setting pada Virtual PC tersebut dengan cara klik kanan pada nama Virtual PC dan klik tombol Setting.
    Setting Virtual Drive
  • Di sini anda bisa melakukan beberapa hal seperti menonaktifkan Network, konfigurasi USB dan beberapa konfigurasi yang lain. Sesuaikan dengan kebutuhan saja.
    Virtual Drive
  • Setelah selesai melakukan setting, lanjutkan dengan klik tombol OK.
  • Klik tombol Start untuk memulai proses intall Linux di Virtual Drive.
  • Nah di sini anda harus menentkan drive CD/DVD Rom mana yang ingin anda gunakan untuk install Ubuntu. Karena pada contoh pertama yang digunakan adalah drive I maka yang kita pilih adalah drive I. Setelah memilih drive I lanjutkan dengan klik tombol Start.
    Pilih CD DVD Rom Booting
  • Selanjutnya ikuti proses intall Ubuntu Linux sampai selesai. Jangan takut untuk melakukan beberapa konfigurasi pada saat install, baik itu partisi, system dan lain-lain karena ini hanya berada di virtual PC, tidak akan pernah merusak partisi dari System Windows anda.
    Proses Install Virtual Box
  • Ikuti prosesnya seperti biasa, saat anda install OS di komputer biasa.
    Install Ubuntu di Virtual Box dan Virtual PC atau Komputer

Cukup mudah bukan? Dengan begini anda bisa melakukan beberapa eksperimen dengan Ubuntu Linux sebelum benar-benar memutuskan untuk mecoba menginstall Linux Ubuntu di hardisk anda, baik sebagai system utama atau system cadangan yang bergandengan dengan Windows dan memanfaatkan dual booting untuk kedua OS.

Jika anda punya pertanyaan seputar install Virtual Box ini, silahkan ajukan pertanyaan dengan meninggalkan komentar di bawah ini. Penulis akan mnecoba mencarikan jawabannya untuk anda dengan catatan penulis sendiri memang capable dan memiliki pengalaman dengan pertanyaan yang anda ajukan.

Selamat berkesperimen dengan Linux dan semua OS yang ada di jagat raya dengan memanfaatkan VirtualBox dari Oracle yang dikombinasikan dengan Virtual CloneDrive untuk memudahkan dalam mengelola file ISO.